Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Tes CAT : Ratusan Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ikuti tes

Pengawasan Pembentukan PPK

Pengawasan Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Kediri.bawaslu.go.id – Kediri. Selasa 7 Mei 2024 Bawaslu Kabupaten Kediri awasi proses test CAT Computer Asisted Test) ratusan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Kabupaten Kediri yang diselenggarakan di SMAN 1 Pare dan SMAN 2 Pare. jumlah calon PPK yang mengikuti test adalah 464 orang. 

Hadir dalam pengawasan adalah Muhammad Hamdaani anggota Bawaslu Kabupaten Kediri dan staf. dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan terbagi menjadi 3 sesi, yaitu Sesi I pukul 09.00-10.30, Sesi II pukul 11.30-13.00 WIB, dan sesi III pukul 14.00-15.30 WIB. 

“Pengawasan yang kami lakukan mengacu pada Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 79 tahun 2024 tentang Pedoman teknis Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Pembentukan PPK, PPS, KPPS dan Pantarlih Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota” Ujar Hamdaani

Fokus Dalam pengawasan pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota terdapat issue krusial yang penting menjadi perhatian/fokus Jajaran Pengawas Pemilu dalam melakukan Pengawasan, yakni: 

1. Ketaatan prosedur dalam pembentukan Badan Adhoc; 

2. Keterpenuhan persyaratan menjadi Penyelenggara Adhoc; 

3. Keterpenuhan kuota pada badan Adhoc; dan 

4. Memperhatikan 30% Keterwakilan perempuan.

Tes CAT berlangsung sejak tanggal 6 - 8 Mei 2024

Penulis dan Foto : Hendrik A